Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Penghasil Sumber Energi Alternatif

Energi konvensional semakin hari semakin berkurang bahkan diprediksi puluhan tahun mendatang sumber energi konvensional akan punah, maka dari itu, sebagai manusia harus berusaha untuk berpikiran maju dan mencari cara agar dapat menghasilkan sumber energi alternatif terbaik yang dapat digunakan untuk menghasilkan listrik. Salah satu sumber energi alternatif yang juga sekaligus dapat membantu menyelesaikan permasalahan global khususnya yang terkait dengan pemanasan global adalah dengan membangun pembangkit listrik tenaga sampah.

Seperti kita ketahui bersama bahwa setiap hari bahkan setiap saat manusia selalu menghasilkan sampah. Sampah yang pada akhirnya menjadi limbah, entah itu limbah yang akan dikirimkan ke tempat pembuangan akhir atau limbah yang berasal dari sampah industri itu tentunya akan sangat menyebabkan dampak buruk pada lingkungan khususnya makhluk hidup. Maka dari itu, tergerak dari efek buruk yang dapat ditimbulkan dan kebutuhan akan sumber energi alternatif, cukup banyak pabrik pengolah limbah yang mulai mengembangkan cara baru dalam mengolah limbah agar dapat dijadikan sebagai sumber penghasil energi.

Teknologi yang semakin maju, tentunya memungkinkan proses pengembangan cara baru dalam mengolah limbah sekaligus untuk dijadikan sebagai sumber energi, misalnya dengan membangun pembangkit listrik tenaga sampah. Penggunaan energi yang berasal dari limbah dapat dilakukan dengan cara mengubah bahan-bahan yang tidak dapat didaur ulang dan kemudian melalui dua jenis proses teknologi thermal dan non thermal.

Selanjutnya, energi yang berasal dari limbah yang telah melalui proses thermal dan non thermal itu akan menghasilkan listrik, panas dan bahkan bahan bakar yang kemudian dapat kembali menghasilkan energi bersih dan juga terbarukan. Berkurangnya, emisi karbon serta dampak buruk lingkungan akan bisa diminimalisir dan tentunya limbah dapat dimanfaatkan kembali menjadi suatu bahan yang lebih bermanfaat.

Untuk mengubah limbah menjadi energi listrik dapat dilakukan dengan beberapa cara namun metode yang paling umum adalah dengan cara proses yang dikenal dengan istilah insinerasi. Proses insinerasi ini sebenarnya masih dalam perdebatan, sebab teknologi ini masih dikhawatirkan malah dapat menimbulkan dampak yang berbahaya bagi keselamatan dan juga lingkungan sekitar.

Jika dijelaskan secara sederhana, maka proses pengolahan limbah khususnya bahan organic dari limbah itu akan dikumpulkan menjadi satu dan kemudian dibakar dalam kondisi bersuhu sangat tinggi. Proses tersebut dikenal dengan sebutan proses insinerasi thermal. Panas yang berasal dari proses thermal itulah yang kemudian digunakan untuk menciptakan energi baru. Hingga saat ini sudah cukup banyak negara-negara di Eropa yang mulai bereksperimen mencari cara insinerasi yang paling aman sehingga sampah dapat dijadikan sebagai alternatif sumber energi, beberapa negara yang dimaksud itu, diantaranya seperti Jerman, Swedia dan Luksemburg.